Wisata Sumbawa Barat

24 03 2010

Wisata Alam Sumbawa Barat

Sumbawa Barat merupakan kabupaten baru di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan secara resmi berdiri sejak tanggal 20 November 2003. Dalam usianya yang muda kabupaten ini berjuang, khususnya pengembangan pariwisata, mengejar ketertinggalanya dari daerah lain.

Pantai Jelenga

Pantai Jelenga – Bentangan pasir putih nan permai

Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang berbatasan dengan Laut Flores disebelah Utara Kabupaten Sumbawa di sebelah Timur, Samudra Indonesia disebelah Selatan dan Selat Alas/Lombok Timur disebelah Barat; memiliki bentang alam penuh variasi. Pesisir pantainya dari Poto Tano di Utara membentang sepanjang 80 km hingga Talonang di ujung Selatan sebagian besar berpasir putih dengan sisipan bebukitan batu cadas menjorok ke arah laut yang sebagiannya berujung di hamparan terumbu karang.

Terumbu karang ini paling tidak menghadirkan dua hal menarik; lokasi menyelam dan gulungan ombak untuk selancar. Pada beberapa lokasi terumbu karang seperti: Teluk Senutuk, Pedauh-Pesing, Sekongkang, Lawar, Maluk, Benete, Labu Balad, Kerta Sari hingga Poto Tano dan pulau-pulau disekitarnya; dijumpai beberapa lokasi menyelam yang menarik untuk diobservasi. Semua lokasi menyelam tersebut umumnya masih termasuk kategori “blank spot” di dunia menyelam.

Gulungan Ombak Donut

Ombak di Donut  Kec. Maluk
sayap kanan gugus terumbu karang pasir putih Kec. Maluk

Sedangkan untuk berselancar, Sekongkang dengan ombak YOYO’S nya, Maluk dengan SUPER SUCK & DONUTnya dan Jelengah yang memiliki SCAREEF merupakan bagian dari legenda dunia bagi para peselancar lokal dan manca Negara.

Hampir dapat dipastikan, dalam kondisi cuaca mendukung, sepanjang tahun dari semua lokasi pantai KSB dapat disaksikan matahari tenggelam dalam posisi bervariasi.

Sunset

Sunset – Balas Supersuck Pasir Putih Kec. Maluk

Dari kawasan pesisir pantai beralih ke pedalaman KSB, berbagai lokasi wisata alam potensial menantang untuk dikunjungi dan dijelajahi. Kecamatan Seteluk menawarkan pendakian ke Desa Mantar, pemukiman penduduk di puncak dengan keunikannya yang tidak akan dijumpai di tempat lain. Berikutnya Danau Lebo Taliwang dengan keanekaragaman flora dan fauna khasnya siap dijelajahi dengan sampan nelayan tradisional.

Lebo

Lebo – Danau alam di dekat Kota Taliwang

Kecamatan Brang Rea merupakan lokasi pedalaman yang paling atraktif. Sejumlah Gua alam eksotik selera para pelancong.

Gua Mumber di Bangkat Monte dan air terjun Rarak dekat Lamontet merupakan potensi utama pariwisata kawasan ini.

Gua Mumber

Gua Mumber – Bangkat Monte Kec. Brang Rea

Goa tidak hanya dijumpai di Brang Rea. Kecamatan Jereweh juga memilki beberapa goa yang layak dikembangkan menjadi lokasi tujuan wisata. Sebut saja goa Liang Kalela dan Goa Serunga. Lokasinya relatif dekat dan gampang   dijangkau dengan berjalan kaki.

Hamparan persawahan menghijau dalam formasi terasering, membentang dari Mura, Kalimantong hingga Hijrah,merupakan sajian wisata alam Kecamatan Brang Ene.

Hamparan Sawah

Hamparan Persawahan – Kalimantong Kec. Brang Ene

Ibu Kota KSB, Kecamatan Kota Taliwang menggeliat berbenah diri dalam spirit bergelora membangun dan mengembangkan pusat pemerintahan baru yang dinamakan Kemutar Telu Center (KTC). Dengan rencana menyeluruh yang ambisius KTC disiapkan bukan hanya sebagai pusat pemerintahan, tetapi juga sebagai taman rekreasi dan lokasi kunjungan wisata baru.

Bebukitan dan pengunungan tidak hanya menawarkan goa dan air terjun. Kandungan perut bumi dan pegunungan KSB juga memiliki potensi bahan tambang berlimpah.

Lubang Tambang

Lubang Tambang – Lokasi pengambilan bijih tambang PT. NNT

Salah satu perusahaan tambang kelas dunia, Newmont Corporation melalui PT Newmont Nusa Tenggara (PT NNT), saat ini mengoperasikan tambang tembaga-emas Batu Hijau yang berlokasi di bagian hulu tiga kecamtan; Jereweh, Maluk dan Sekongkang.

Seizin manajemen PT NNT saat ini, sesuai dengan pertimbangan keselamatan, sebagian lokasi tambang telah dibuka untuk tujuan kunjungan wisata.

Lembah Pola Mata

Lembah Pola Mata – Taman rekreasi dan wisata keluarga
Air Terjun

Air Terjun Plampo – Terletak di hulu sungai Plampo Kec. Sekongkang

Selancar

Supersuck

Supersuck – Gulungan ombak legendaris idola peselancar kelas Dunia. Ikon Utama Pariwisata Sumbawa Barat

Sejak dua dasawarsa silam lokasi selancar dan ombak Sumbawa Barat telah dikenal luas di kalangan peselancar dunia.

Scareef, Superrsuck, Donut dan Yoyo’s adalah nama-nama yang diberikan untuk rangkaian ombak hebat yang secara berurutan berlokasi di Sekongkang, Maluk dan Jelenga.

Disamping lokasi-lokasi di atas, beberapa lokasi surfing lain masih menunggu untuk dijajaki, seperti : senutuk, Balad, Kertasari dan Toa Nanga.

Pantai Pasir Putirh

Pantai Pasir Putih – Kawasan Wisata Pesisir yang melingkar di sepanjang tepian Teluk Balas Pasir Putih Kec. Maluk

Kawasan wisata pesisir yang melingkar di sepanjang tepian Teluk Balas Pasir Putih Kecamatan Maluk ini memiliki atribut wisata yang lengkap; lokasi selancar terkenal SUPERSUCK & DONUT, terumbu karang balas, lokasi memancing yang ideal dan tentu saja panorama matahari tenggelam yang bisa disaksikan nyaris sepanjang tahun

Ombak Yoyo's

Ombak Yoyos’s – Terletak di sisi kanan Teluk Sekongkang nan pemai
Ombak Donut

Ombak Donut – Disebut juga ‘misteri sisi kanan’, salah satu ikon selancar Pasir Putih selain Supersuck

Wisata Bawah Air

Terumbu Karang Jelenga

Terumbu Karang Jelenga

Jajaran terumbu karang terbesar di sepanjang perairan pantai Sumbawa Barat, menunggu untuk dijelajahi.

Poto tano, pulau Kambing dan sekitarnya, Pulau Satu, Tanjung, Kertasari, Balad, jelenga, Teluk Benete, Balas-Pasir Putih, Lawar, Sekongkang, Senutuk dan banyak lagi lokasi lainya, menunggu para penyelam untuk mencumbunya.

Informasi lokasi penyelam Sumbawa Barat masih sangat minim dan terbatas. Dan ini artinya tantangan untuk berpetualang dan adu kenekatan. Karakter standar para penyelam yang selalu ingin selangkah lebih maju dari para pesaingnya.

Lawar

Lawar
Terumbu Karang Balad

Terumbu Karang Balad

Wisata Gua

Gua Mumber

Gua Mumber – lantai dasar dengan massa stalaktit dan stalagmit besar, sorotan cahaya adalah area pintu masuk

Desa Bangkat Monte di Kecamatan Brang Rea adalah lokasi konsentrasi utama gua-gua alam Sumbawa Barat. Tercatat belasan goa terbesar di lembah dan gunung disekitarnya dan yang paling penting besar dan terkenal adalah komplek Gua Mumber.

Komplek ini terdiri atas 2 gua besar yang berdampingan tetapi dengan posisi pintu masuk dari arah yang berlawanan.

Gua pertama berpola auditorium besar dengan ketinggian langit-langit mencapai 15 meter yang terdiri atas dua lantai massa ruangan.Lantai dasar yang relative datar danrata memiliki luas sekitar 3.000 m2.

Bidang dinding peralihan antar lantai relatif terjal dengan beda ketinggian 5-8 meter dipenuhi dengan stalaktit dan stalagnit. Lantai kedua memiliki permukaan tidak rata dengan bongkahan batu kapur dalam berbagai ukuran mendominasi.

Gua Serunga

Gua Serunga – Bagian dalam mengalami sedimentasi yang menutup sebagian besar ruang gua

Liang (Gua) Serunga dan Liang Kalela adalah goa alam yang dijumpai di kecamatan Jereweh, tepatnya di Desa Belo. Sebagaimana umumnya karakteristik gua, kedua gua ini menyerupai lorong memanjang yang cenderung menyempit pada bagian ujung dalamnya. Burung wallet adalah Fauna utama penghuni kedua gua ini.

Gua Kalela

Gua Kalela – Stalaktit dan Stalagmit mengawal kedua bidang dindingnya

Tradisi dan Budaya

Khitnan

Khitanan – Anak lelaki Sumbawa Barat dalam pakaian adat lengkap siap dikhitan

Sumbawa Barat dengan etnis Samawa sebagai penduduk utamanya memiliki ragam tradisi dan budaya yang khas.

Upacara perkawinan dan Khitanan, dengan rangkaian ritual yang kompleks dan menarik, merupakan bagian dari prosesi adapt-istiadat yang diwariskan generasi ke generasi tetap terpelihara dan dilestarikan di wilayah ini.

Begitu juga halnya dengan seni tari dan sendratari yang diiringi dengan gendang dan tetabuhan, pementasannya dirangkaikan dengan setiap prosesi adat istiadat yang dilaksanakan oleh masyarakat Samawa.

Tari Nuri

Tari Nuri – Empat orang gadis mementaskan tarian yang biasanya untuk menyambut tamu agung, diiringi tabuhan gong genang
Gong Genang

Gong Genang

Aneka Lomba

Barapan Kebo

Barapan Kebo – Seorang joki tengah berjuang mengendalikan pasangan kerabaunya utnuk meraih kemenangan

Barapan Kebo (Balapan Kerbau) adalah jenis atraksi budaya yang sangat digemari oleh masyarakat Suku Samawa.Kegiatan ini umumnya dilaksanakan pada awalnya musim tanam padi dan setelah panen usai.

Pasangan kerbau yang akan mengikuti lomba dipilih yang paling sehat dan kuat dan tentunya sudah terlatih.

Sebelumnya lomba dimulai,pasangan kerbau dihias menarik dan sebelum memasuki arena terlebih dahulu ditangani dengan ritual tertentu oleh Sandro (dukun).

Lomba lain di Sumbawa Barat adalah Barapan ayam, balap merpati dan balap sampan tradisional.

Balap Merpati

Balap Merpati – Lomba jenis satu ini hanya dijumpai di Pantai Pasir Putih Maluk
Barapan Ayam

Barapan Ayam – Unik, atraktif dan lucu

Akomodasi

Beberapa penginapan dan hotel, dari kelas melati hingga berbintang,telah siap menanti kunjungan anda ke Sumbawa Barat.

Berikut adalah daftar akaomodasi

TALIWANG

Hotel Balas Supersuck

Hotel & Restoran Balas Supersuck
  • ANDI GRAHA HOTEL & RESTAURANT
  • BALAD BEACH CLUB;VILLA & BUNGALLOW
  • HOTEL MAWIS

MALUK

  • MALUK RESORT ( BAKU DAPA )
  • MALUK TROPHYCAL-HOTEL & SWIMMING POOL
  • KIWI
  • LA ROSA-HOTEL & RESTAURANT
  • BALAS SUPERSUCK-HOTEL & RESTAURANT

JELENGAH

Resort Maluk

Resort Maluk (Hotel Baku dapa)
  • SUNSET VIEW

SEKONGKANG

  • TROPHYCAL BEACH SEKONGKANG
  • YOYOS HOTEL & BAR
  • RANTUNG BEACH HOTEL
Bungalow

Bungalow di Balad Beach Club
Trophycal Beach Resort

Trophycal Beach Resort – Pantai Pesing Sekongkang

(Sumber: Dinas Pariwisata Kebudayaan Sumbawa Barat 2007


Aksi

Information

7 responses

25 03 2010
tati_cutez

NTBx mana????

26 03 2010
aprians09

ya dimulai dri tnah air sy dlu mbak,hihihi

26 03 2010
ryan's

tanah air kuda liar
haha

26 03 2010
aprians09

apa km????

28 03 2010
noego08

hahaha,, tanah air kuda liar dy bilang rian tuh..

3 04 2010
aprians09

iy nich si kampret…

Tinggalkan komentar